Tuesday, October 6, 2015

Cara Merawat Mesin Pompa SPBU

Spare Part SPBU Dispenser

Cara Merawat Mesin Pompa Spbu - Dispenser atau Mesin Pompa SPBU adalah spare part SPBU / wadah / tempat yang berfungsi menyalurkannya cairan bahan bakar minyak dari tangkai penampungan ke nozzle hingga di terima oleh konsumen. Mesin pompa / dispenser adalah salah satu spare part SPBU yang wajib dirawat secara rutin. Pompa yang bersih dapat memperlancar pekerjaan operator.Believe or not , bahwa mesin pompa yang bersih dapat menjauhkan dari kesalahan-kesalahan penjualan sehingga perawatan serta kebersihan dispenser pompa sebagai salah satu spare part SPBU harus diperhatikan. 

Cara Merawat mesin pompa SPBU tidaklah sulit, anda cukup meluangkan waktu yang tidak lama untuk melakukan menjadwalkan rutin perawatannya. Adapun langkah - langkahnya sebagai berikut :



1. Mengganti Saringan Pompa. 

Lakukan penggantian terhadap spare part SPBU saringan pompa untuk Premium satu kali dalam dua bulan. Sedang Mesin M. Solar satu kali dalam sebulan. Namun, apabila sering terjadi kekosongan di SPBU, sebaiknya lakukan penggantian saringan pompa dua kali dalam sebulan (M. Solar). Mesin pompa yang jarang dibersihkan atau diganti saringannya dapat mempengaruhi kestabilan tera. Lakukan juga langkah seperti ini saat Meterologi akan mentera ulang mesin pompa. Perlu diingat bahwa pada saat mengencangkan baut waktu mengganti saringan pompa usahakan jangan sampai melebihi dua kali bunyi



2. Melapisi Tombol Dengan Plastik Transparan. 

Melapisi tombol dengan plastik transparan bertujuan agar angka-angka pada tombol tidak cepat pudar. Terlebih lagi, menghindari kerusakan pada tombol panel display.



3. Perhatikan Kuku Operator

Masih berhubungan dengan point 2 di atas. Operator yang berkuku panjang merupakan penyumbang terbesar dari kerusakan panel tombol display. Itulah mengapa pada buku briefing operator mencantumkan persyaratan kuku di dalamnya ( persyaratan bahwa operator dilarang memiliki kuku panjang ).


4. Periksa Fungsi Engsel Selang Pompa

Engsel selang yang tidak berfungsi dapat mengakibatkan pengerutan pada selang pompa dan akhirnya akan mempercepat kerusakan pada ujung selang.


5. Membiasakan Menggantung Selang Pompa

Tujuannya agar ban kendaraan konsumen tidak menginjak selang.


6. Hindari Mengisi Kendaraan yang tidak sesuai dengan posisi parkir tangki/lubang pengisian kendaraan konsumen 

Menyilangkan selang dari arah sebaliknya atau memaksa jangkauan selang. Cara seperti ini akan mengendurkan jepitan mur di ujung selang nozzle dan yang melekat pada mesin pompa. Selentur-lenturnya karet, pasti ada batas maksimal kelenturannya.


Terima kasih telah membaca artikel cara merawat Mesin Pompa SPBU. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.